VPN

Auto Date Tuesday, May 22nd, 2012

artha.web.id – VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah layanan untuk akses jaringan lokal dengan mempergunakan jaringan internet. memandaatkan VPN kita bisa akses jaringan lokal kantor dari rumah, sehingga tidak perlu datang ke kantor hanya sekedar untuk entry data ๐Ÿ˜€

Ilustrasi VPN

Akses jaringan local Kantor pake sarana internet? apa ndak berbahaya?

VPN memanfaatkan infrastruktur pihak ke tiga sebagai jalur private yang dikenal dengan istilah Tunneling. PPTP, L2TP dan IPSec merupakan pilihan-pilihan dalam VPN. VPN sendiri merupakan perpaduan antara teknologi Tunnel dan enkripsi data. dengan adanya teknologi enkripsi ini, keamanan data diharapkan bisa terjaga dengan baik.

perangkat yang diperlukan untuk membangun jaringan VPN ini adalah sebuah server yang digunakan untuk menghubungkan antar host. Mesin disini bisa berupa komputer berikut aplikasi VPN server atau router (MikroTik). Koneksi terbentuk dari VPN client melakukan koneksi ke VPN Server, setelah verifikasi user name dan password valid, maka server akan memberikan IP untuk client, dan tunnel pun terbentuk sehingga client bisa mengakses jaringan local yang ada di belakang VPN.

keuntungan penggunaan VPN adalah kita bisa memindahkan ruang kerja ke rumah ๐Ÿ˜€ kagak usah ngantor ๐Ÿ˜€ karena koneksi bisa dilakukan dimana saja (asalkan bisa akses jaringan pihak ke tiga), kendala model ini adalah saat ketiada ketersedaan jaringan pihak ke tiga (dalam hal ini koneksi internet) lah yang akan membuat metode ini tidak seperti yang diharapkan.

nb. photo ilustrasi di comot dengan panduan juragan Google

ย Salam,

Made Artha

 

ads
jasa pembuatan website untuk toko online, sekolah dan perusahan kontak kami di hp. 081 239 899 221


Tinggalkan Komentar Anda


Search
Categories
bash (1)Ms Windows (3)