Openwrt di Huawei HG553

Auto Date Saturday, October 3rd, 2015

Benda ini (Vodafone Huawei HG553 Router ) sudah lama ter-onggok di atas lemari pakaian tanpa tahu harus digunakan untuk apa, karena tujuan awalnya sih buat server printer dan saat printer sudah tidak tertolong dari sakit kronisnya membuat Router inipun berakhir masa kerjanya.

Sebenarnya Huawei HG 553 Router ini bisa digunakan untuk model ADSL dan juga menggunakan usb modem untuk berbagi koneksi internet bahkan bisa digunakan dua koneksi dengan metode load balance. Huawei HG 553 memiliki FLASH 16M, 64M sebagai penyimpanan data internal (memori yang cukup besar untuk ukuran Router yang pada umumnya sebesar 1M-4M byte) memiliki 4 PORT HUB untuk LAN, terdapat WIFI HOTSPOT dan 2 buah USB dimana 1 usb untuk Modem dan lainnya bisa digunakan sebagai storage atau printer.

Modem USB yang di support bisa di lihat di sini

Firmware Huawei HG553 inipun bisa di upgrade menggunakan OpenWrt. Kenapa harus di upgrade ke OpenWrt? apa Firmware bawaannya tidak bagus?

Firmware aslinya sudah cukup untuk operasional, namun karena peralatan ini tidak tahu harus digunakan untuk apa, akhirnya di oprek dengan upgrade ke OpenWrt. yang menarik dari OpenWrt adalah firmware ini merupakan varian/distro Linux OS yang memungkinkan untuk di explor lebih jauh seperti dimanfaatkan sebagai CCTV, webserver+PHP+MySQL dan lainya.

Postingan berikutnya akan saya bahas tentang cara upgrade ke firmware OpenWrt

Tinggalkan Komentar Anda