JavaScript Dasar 01

Auto Date Wednesday, March 18th, 2020

Ini merupakan materi tambahan JavaScript yang juga ada tugas yang harus diselesaiakan dengan JavaScript. disini akan jelaskan pembuatan javascript secara singkat

sebelumnya perlu diperhatikan JavaScript merupakan aplikasi scripting yang sifatnya client side, yang artinya Script ini akan di jalankan di mesin (baik itu PC/HP/Tablet) dari client

Karena sifatnya clent side maka script ini akan bisa dilihat oleh user (sisi Client) sehingga user bisa mengetahui proses yang dilakukan hal ini berbeda dengan Script yang sifatnya server side yakni semua proses dilakukan di server dan user hanya akan memperoleh hasilnya.

Namun demikian JavaScript sangat membantu untuk membuat website (webpage khususnya) menjadi lebih dinamis hal ini yang tidak bisa dilakukan oleh script server side berkomunikasi secara langsung dengan user seperti saat pengisian form JavaScript bisa mendeteksi isian yang dilakukan user dan mengirimkannya ke server, di server data isian di olah bagian server side dan hasilnya dikirim kembali ke client melalui JavaScript.

Script seperti ini dibangun untuk komunikasi interaktif antara sisi client dengan sisi server dan untuk scriptnya sendiri tersedia secara free walaupun ada yang model berbayar.

Contoh script model ini adalah jQUERY, untuk info lebih lanjut tentang jQUERY
silahkan gunakan koneksi data untuk searching

Komunikasi client dengan server ini dalan JavaScript dikenal dengan istilah AJAX

Berikut introduksi pengenalan JavaScript (untuk AJAX an jQUERY silahkan untuk yang berminat mempelajari bisa diskusi dengan saya via WA)


Tinggalkan Komentar Anda


Search
Categories
bash (1)Ms Windows (3)