Yahoo Messanger shut down

Auto Date Monday, July 16th, 2018

Sedikit bingung buat judulnya namun pengumunan dari yahoo yang hendak men shut down layanan messsangernya membuat saya teringat kembali dengan pengalaman menggunakan YM sejak awal diluncurkan sekitar tahun 1998 hal ini dikarenakan layanan ini terintegrasi dengan akun email yahoo yang dimiliki sekitar tahun 1996/1997 saat mulai kuliah di universitas sanata dharma yogyakarta.

Yahoo messanger memberikan banyak pengalaman, pembelajaran dan pengetahuan. Pengalaman chat yang lebih privasi (sebelumnya menggunakan mIRC) walau sebenarnya mIRC pun memberi kesan dengan fasilitas botnya hingga kita bisa buat script untuk quis ataupun buat admin room bisa buat bot kendali room buat kick user spam

YM yahoo messanger pun bisa dibuatkan botnya dan ini dimanfaatkan kemudian hari oleh juragan penjual pulsa untu mengisi pulsa pelanggan.

Sebagian besar praktisi, pengusaha online menggunaksn YM yahoo messanger sebagai fasilitas konunikasinya

Dari sini bisa belajar buat aplikasi chat karena YM menyediakan API nya

Namun demikian saya sendiri sudah lama meninggalkan YM terutsma sejak munculnya whatsapp yang merupakan alternatif dari BBM nya android. BBM sendiri sangat populer namun exclusive hanya bisa dinikmati pada hp BB saja walau akhirnya luluh dan merambah ke android maupun iphone serta WM

 

 

Dan beberapa saat lagi layanan YM Y!M Yahoo messanger akan shutting down pengslaman sebagai user sangat banysk memberi warna dan sepatutnya saya mengucapkan terima kasih atas semua kemudahan pengalsman chat yang diberikan.

 

Salam

 

 

Made Artha

Reff. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Yahoo!_Messenger


Tinggalkan Komentar Anda