Indonesia Santun

Auto Date Thursday, August 30th, 2012

artha.web.id – sebuah email dari rekan masuk berikut ini isinya:

 

Mulailah dr Keluarga Sendiri :

Mengapa Australia yang dulu nenek moyangnya berasal dari Tahanan Kriminal Inggris kini mampu masuk 10 negara Terbaik untuk tempat tinggal manusia & memiliki tingkat kriminalitas terendah di dunia….? (Melbourne terbaik).

 

Mengapa Indonesia yang dulu nenek moyangnya berasal dari orang-org yang Santun, Ramah & Berbudi Pekerti Luhur, kini masuk dalam kelompok Negara Gagal Dunia, dengan tingkat Korupsi nomor 3 di dunia dengan tingkat kriminalitas yang sangat tinggi & moralitas yang sangat rendah…?

 

Ternyata semua itu bermuara pada Sistem Pendidikan dari Pemerintahnya.

 

Para Pendidik & Guru di Australia lebih khawatir jika anak-anak didik mereka tidak jujur, tidak mau mengantri degan baik, tidak memiliki rasa empati & hormat pada org lain & etika moral lainnya, ketimbang mereka tdk bisa membaca, menulis & berhitung.

 

Guru-guru di Australia lebih prihatin jika murid-murid mereka memiliki perilaku moral yg kurang baik daripada memiliki prestasi nilai akademik yang kurang baik.

 

Mengapa?

 

Karen menurut mereka untuk membuat anak mampu membaca, menulis & berhitung atau menaikkan nilai akademik, kita hanya perlu waktu 3 sampai 6 bulan saja untuk secara intensif mengajarkannya.

 

Tapi untuk mendidik perilaku moral seorang anak, kita membutuhkan waktu lebih dari 15 tahun untuk mengajarkannya.

 

Mengajarkan baca tulis, berhitung bisa diajarkan kapan saja, bahkan jika seandainya mereka sudah dewasa & tua sekalipun masih bisa dilakukan.

 

Sementara mengajarkan Etika Moral waktunya sangat terbatas, dimulai saat Balita & berakhir saat mereka Kuliah.

 

Selain itu untuk mengubah perilaku moral orang dewasa yang terlanjur rusak & buruk, hampir sebagian besar orang tidak mampu melakukannya.

 

Bagaimana dengan pemikiran Pemerintah, Pendidik / Guru & Orang Tua di Indonesia…???

 

Keluarga Indonesia, jika kita semua segera tersadarkan & bertindak benar, Indonesia masih bisa merubah kondisinya saat ini mulai dari Keluarga kita sendiri tentunya.

 

Salam

tanda tangan artha.web.id

Made Artha


Tinggalkan Komentar Anda