Me satua

Auto Date Tuesday, March 3rd, 2015

Mesatua terakhir kali saya nikmati adalah saat masih masuk Taman Kanan-Kanan. saat sang kakek masih menemani, tiap malam jelang tidur tidak pernah absen kakek tercinta me satua dengan tema kadang sama dengan sehari sebelumnya namun versi yang berbeda bahkan kerkadang merupakan kelanjutan dari satua sebelumnya.

mungkin ada yang bertanya mesatua itu apa?

Mesatua merupakan kegiatan bercerita yang biasanya dilakukan orang tua ke anaknya menjelang tidur. Satua merupakan ceritera yang hendak diceritakan. contoh satua Bali yang terkenal adalah “Pan Balang Tamak” dengan versi berbeda-beda namun memiliki kesamaan pada sifat dari tokohnya yaitu Pan Balang Tamak. satua versi nasional seperti “Si Kancil” dan kalau versi Internasional seperti “Pinokio”

Mesatua memerlukan sebuah penghayatan akan ceritera karena saat mesatua seseorang akan memerankan semua tokoh beserta sifatnya, sehingga kemampuan mengolah verbal dan emosi sangat diperlukan untuk menghidupkan setiap karakternya dan terutama karakter utamanya. Dalam keluarga saya, hanya Pekak lah yang memiliki kemampuan ini hingga sanggup membawa suasana seperti halnya dalam ceritera. Dan hal inilah yang selalu membuat kami (saya dan saudara-saudara) slalu meminta kakek me satua dikala kakek menginap dirumah kami.

Yang disayangkan adalah saya tidak punya kemampuan tersebut, hingga Mesatua tidak bisa lakukan ke anak-anak, mungkin tidak pernah dibiasakan, namun untungnya ibunya bisa berceritera walau dengan bahasa Indonesia. Penyebab lain adalah alam dan peradaban. Alam masih asri pepohonan masih

tumblr_nfc66aoyKE1s08g7ho1_500

Matur Sukseme Pekak (alm)

Tinggalkan Komentar Anda