Sync Data Android – PC Windows

Auto Date Sunday, January 19th, 2014

Iseng mencari aplikasi sinkronisasi data dari handphone Andromax C dengan Laptop yang menggunakan Windows 7 (KW) hal ini lantaran kabel data yang biasanya digunakan untuk transfer data dari atau ke Andromax C <–> PC Windows 7 sudah tidak mau bekerja sama lagi, mungkin lantaran Andromax C pernah di oprek biar akses Internet bisa menggunakan kartu GSM nya atau ada masalah lain. Dalam pencarian ini nemulah aplikasi yang bernama Software Data Cable Pro V4.4 yang di develop oleh Dami App Team

Awalnya mulanya saya mengira ini adalah aplikasi semacam Nokia PC Suite dan setelah download dari Google Play dan terinstall di HH Andromax C ternyata merupakan aplikasi sinkronisasi data dengan mode :

1. SYNC PC
dimana sinkronisasi dilakukan antar HandHeld (HH) Android dengan PC. Namun jika dilihat sebenarnya model ini akan menjadikan HandHeld Android menjadi FTP Server yang bisa diakses melalui jaringan wifi. Cara mengaktifkannya cukup dengan melakukan Tap pada START SERVICE yang berada di bagian paling bawah dan kita bisa akses melalui protokol FTP dari Komputer / Laptop / Macbook yang berada dalam satu network.

2. SYNC PHONE
digunakan untuk Sinkronisasi antar HH – bagian ini saya tidak mencoba sistem kerjanya

3.  SYNC AUTO
Sinkronisasi dengan menggunakan Server penyimpanan data model Cloud Storage. Untuk versi yang saya gunakan baru bisa menggunakan Microsoft SkyDrive, Baidu Cloud Storage dan Family Cloud Storage. Dari ketiga Cloud Storage yang memiliki kapasitas paling besar adalah Family Cloud Storage, karena penyimpanan dilakukan di komputer/Laptop kita sendiri yang difungsikan sebagai media penyimpanan.

Untuk Setting Family Cloud Storage diperlukan server FTP pada Komputer atau PC/Laptop/Mac yang akan digunakan sebagai server. berhubung Saya menggunakan Ms. Windows 7 dan sudah ada aplikasi XAMPP dimana aplikasi FileZilla Server sudah ada didalamnya sehingga tinggal lakukan setting user dan lokasi folder penyimpanan saja. jika anda belum punya silahkan download terlebih dahulu FTP Server bisa di search di google, yahoo atau search engine lainnya dan bisa menggunakan selain Filezilla Server.

jika menggunakan server FTP yang lain silahkan lakukan setting sesuai dengan aplikasi yang digunakan

Setelah aplikasi FileZilla di download, silahkan lakukan isntalasi (gunakan saja opsi defaultnya). Server akan running secara otomatis setelah instalasi selesai. Langkah berikutnya adalah membuat user dan home direktori pada FTP Server. gunakan FileZilla Server Interface untuk membuat user dan setting direktori dengan cara:
1. Lakukan koneksi ke server FTP

2. Klik icon gambar 1 orang untuk membuat user hingga muncul jendela berikut

a. Klik Add dan isikan nama user yang akan dibuat dalam hal ini contohnya adalah user bernama coba. jika ingin mengisikan password silahkan isi tanca cek pada opsi password dan isikan passwordnya.

b. Selanjutnya untuk pengaturan folder silahkan klik shared folders

Pilih folder yang akan digunakan dan beri tanda cek pada hak aksesnya (digambar atas diisi full access) selanjutnya klik tombol Ok. Langkah berikutnya adalah untuk mengetahui ip komputer bisa menggunakan perintah pada command window dengan cara tekan tombol window + R dan ketikan perintah cmd selanjutnya tekan enter. akan muncul jendela cmd. Pada jendela cmd ketik ipconfig untuk mengetahui IP yang digunakan.

Setting server sudah berakhir. Selanjutnya lakukan setting pada aplikasi di HH untuk setting Task SYNC nya

Task Name bebas anda menentukan nama taskingnya misalkan isikan test, selanjutnya tentukan Remote hostnya (lihat perintah cmd diatas)

Isikan User name yang dibuat pada FileZilla Server dan jika ada password silahkan setting passwordnya sekalian. Selanjutnya pilih media yang akan disinkronisasi, waktu sinkronisasi dan media sinkronisasi. Jika sudah di setting tap save

Setelah disimpan akan muncul daftar task yang dimiliki.

Tap task yang hendak disinkronisasi dan pada jendela popup pilih “Run Now” untuk memulai sinkronisasi

Jika koneksi ke server FTP sukses maka Sinkronisasi akan dilakukan.

Demikian perjalanan tour hari ini, semoga ada manfaatnya, jika ada pertanyaan dan atau menambahkan dan atau mengnyanggah silahkan sampaikan via komentar dibawah mudah-mudahan bisa saya kasih jawaban, dan jika pertanyaannya diluar jangkauan saya minta maaf

Sponsor, Refrensi dan download:
1. BCMHoster
2. Google play: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.damiapp.softdatacable
3. FileZilla: https://filezilla-project.org

Salam

Made Artha

 

 

 

Tinggalkan Komentar Anda