Raditya dan PR

Auto Date Saturday, November 17th, 2012

¬†artha.web.id – Raditya kini sudah TK Kecil (KD1 istilah di GarudaBlingualSchool) sekolah dari hari Senin sampai hari Jumat dan tiap awal minggu hari Senin mendapatkan PR (Pekerjaan Rumah). Wah TK Kecil Sudah ada PR? hehehe … ya PRnya ya sederhana saja, seperti mewarnai karakter (sesuai tema bulanan), menarik garis cari pasangan gambar, mencari jalan. Saya melihat PR nya sangat positif, dengan PR ini melatih Raditya untuk mengingat kembali kegiatan hari itu, serta melatih disiplin untuk mengerjakan suatu tugas.

dari PR ini juga saya berharap pada Raditya untuk segera menyelesaikan PR nya tidak menunda-nunda, kenapa? saya membiasakan Raditya untuk tidak menunda yang harus dia kerjakan, “excuse” hanya ada jika Raditya sakit parah (jika asmanya kambuh), selain itu wajib bagi Raditya tuk selesaikan Tugasnya.Untuk seumuran Raditya, saya tidak menilai dari rapi tidak kerjaannya atau bagus tidak hasil kerjaannya, yang saya tanankan adalah disiplin dan kebiasaan tunda pekerjaan, kenapa? sebagus apapun kerjaannya tidak akan berguna jika tidak tepat waktu, saya tidak mau Raditya pake model SKS (Sistem Kebut Semalam) dan juga mengajarkan cara berbagi waktu.

Jika sudah terbiasa disiplin, pekerjaan sebanyak apapun yang akan ditemui, seyogyanya Raditya akan bisa mengatur waktunya, namun jika sudah terbiasa bilang “santai aja khan kumpulnya masih lama” ya semua kerjaan akan ditunda pada akhirnya semua numpuk di akhir, jadi munculah keluhan “uh banyak tugas” trik tertakhir minta tenggang waktu (wadah! kemarin kemana aja) saya tidak mau Raditya selalu membuat-buat alasan pembenaran karena keteledorannya.

Salam

Made Artha

Tinggalkan Komentar Anda