Koneksi Starone Modem PCM100

Auto Date Friday, September 23rd, 2011

Setelah lama memutuskan pisah dari starone, sejak selasa kemarin akhirnya saya memutuskan untuk rujuk kembali. Ini tidak lain setelah pusing nyari paket internet di rumah pekaknya Raditya. Keputusan ini sudah dipertimbangkan dengan sebelumnya mencoba beberapa layanan, seperti koneksi internet dari flexi, flash, mentari serta xl. koneksi yang biasa saya pergunakan mati total di Rumahnya Pekak.

Koneksi Flexi dengan signal normal 3 bar koneksi tidak ada masalah, namun speed dan ke stabilan koneksi yang bermasalah, sehingga ini berakibat gagal akses ke beberapa server yang saya kelola dan parahnya IP koneksi terdeteksi sebagai intruder yang berakibat IP tersebut di masukan ke dalam kelompok backlist.

Koneksi Flash Telkomsel tidak bisa optimal karena signal HSDPA tidak aktif alias diluar coverage area Flash, signal yang tertangkap adalah EDGE, nah kalau seperti ini ya cukup buat buka web di mini opera handphone saja, itupun masih dengan mempergunakan proxi sabar.com

Koneksi Mentari yang merupakan salah satu produk Indosat, kondisinya koneksi lancar dan bagus signal 3G+ (HSDPA) signal full (ya wajar aja tower Indosat 800 Meter dari rumah). namun kenapa saya tidak memilih Mentari? ya ini dikarenakan koneksi dengan Mentari menerapkan pemakaian wajar yang menurut saya sangat kecil dengan yang saya perlukan (ya itu wajar sih ya karena speed download dan upload lumanyan bagus).

Koneksi XL yang menurut saya cukup aneh, jarak tower XL 800 meter dari rumah, namun signal yang didapat malah drop dan ternyata tidak masuk coverage HSDPA, wah….. ini jadi sekelas dengan Flash

Dari pertimbangan tersebut maka akhirnya pilihan saya jatuhkan ke Indosat Group yakni StarOne. Lha kok malah starone yang ditest Mentari? nah ini dikarenakan sebelumnya sudah pernah pake Starone dengan kwalitas koneksi yang stabil walaupun tidak masuk kategori cepat, serta Starone tidak memiliki batas pemakaian wajar sehingga kecepatan akses tetap sama (klim dari Indosat), dan yang lebih penting lagi adalah karena sudah pernah memanfaatkan starone sebelumnya.

Perburuan SimCard Starone di Denpasar tidak menghasilkan, bahkan tempat saya beli simcard terakhir kali juga sudah tidak memiliki lagi stok simcard StarOne. Hingga putuskan buat cari di Indosat Galery yang ada di simpang 6 Denpasar. Setelah ambil nomor antrean dan menunggu selama 25 menit akhirnya maju ke meja CS. tanya-tanya ternyata di Indosat Galery ini tidak menyediakan prabayar starone yang ada hanyalah paska bayar. ya balik lagi saya ambil paket paska bayar yang dulu pernah saya tutup karena koneksi yang amburadul selama 20 hari. Apply Paket unlimited Internet 45k atau 45 ribu per bulannya dan di beritahukan akan aktif hari itu juga dan saya akan di telpon untuk memberitahukan bahwa paket tersebut telah aktif.

Sekitar jam 4 sore saya terima telpon dari mbak CS Indosat yang menyatakan nomor simcard saya telah aktif dan sudah bisa dipergunakan. segera saya coba, pertama simcard starone dipasang ke hp nokia 6235  buat test telpon dan sukses, lanjut dipasang ke modem PCM100 Prolink yang biasanya dipakai dengan Simcard Smart ataupun Flexi. Signal full (ya wajar towernya indosat deket rumah)  lanjut koneksi tunggu beberapa beberapa saat eh yang muncul pesan bahwa username tidak benar. padahal settingan sudah sesuai dengan petunjuk dimana USER Name: starone dan Password: indosat

Setelah beberapa kali percobaan koneksi selalu gagal, yah nyerah deh, kontak 111 buat buka jendela help. Panduan dari Operator 111 tidak membuahkan hasil. Namun yang menarik  adalah tanggapan dari CS memberikan layanan (beda dengan saat saya langganan terdahulu) beberapa jam kemudian saya di telpon kembali, yach karena koneksi belum juga bisa saya laporkan koneksi belum terlaksana. Mas CS mendata modem yang saya pergunakan, Sistem Operasi yang say pergunakan dan memastikan settingan modem.

Beberapa saat setelah telpon di tutup, saya teringat dengan setting koneksi flexi dengan tambahan parameter. Tambahan parameter yang diatur adalah at+crm=1 di set ke bagian Extra Settings. Setelah di tambahkan parameter, coba untuk koneksi kembali dan sukses.

Ternyata modem PCM100 bila di pergunakan untuk koneksi flexi atau starone musti ditambhakan parameter namun bila mempergunakan smart tidak memerlukan tambahan. kenapa begitu ya ???

Tinggalkan Komentar Anda


Top